twitter youtube youtubetumblrsoundcloud tumblr soundcloud behance
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, May 30, 2011

Water Birth, Melahirkan Dalam Air

Percakapan antara gue dan calon pacar kecengan gue :

Gue : ...aku ntar pas melahirkan anak pengen water birth ya?
Dia : Alah.. Terinspirasi dari mana sih? Jangan macem-macem, kasur birth aja.. Nanti aku ga bisa nemenin kalo di aer ih! Kaya yang ntar punya suami bisa renang aja..
Gue : Dari billboard di RS.Bunda.. Gamau, pengen water birth atulah.. Makanya kamu belajar renang! (Biar ntar jadi suami akuu!) << batin gue berteriak

Tak Dung Ces!


Water Birth. Adalah metode melahirkan yang melibatkan perendaman dalam air hangat. Para pendukung percaya bahwa metode ini aman dan memberikan banyak manfaat bagi ibu dan bayi, karena mengurangi rasa sakit dan mengantisipasi 'traumatic birth experience' untuk bayi.
Actually, too early to talk about it. Yaeyalaaaah, secara gue masih 19 taun. Gue juga belum mau buru-buru married soalnya kata mbak shireen ama abang teuku wisnu di iklan BKKBN : "Perkawinan dan kehamilan di usia ideal, bayi lahir sehat, ibu melahirkan selamat... Dua anak lebih baik.. ting!" begitu pula menurut mas afgan, tapi yang gue ga abis pikir kenapa ada iklan versi sinta jojo juga. Cukup dengan iklan s*nice lah, yang lipsyncnya ngasal karena lagu ama pantatnya ga singkron, gue kan jadi takut makan s*nice.. tar kalo gue langsung jadi alay gimana? Tolong potoin gue 45 derajat di atas jidat ya guys, gue mo melet sambil megangin dagu gue takut lepas..

Back to the topic. Gue sempet mikir, ntar kalo bayinya lahir di air, terus nafasnya gimana? Setau gue, jabang bayi tu selama ini nerima oksigen yang dikirim lewat tali puser (udel) sampai dia bisa nafas sendiri atau talinya dipotong. Jadi begitu bayi dibawa ke permukaan air, tali pusar baru dipotong. Tapi water birth ini juga ada beberapa resiko, terutama kalo bayi mengalami stress di jalan lahir, atau mungkin tali pusarnya melilit. Bayi mungkin menghirup udara dan air bisa masuk ke paru-parunya. Hal ini bisa dicegah dengan proses pengangkatan bayi ke permukaan yang ekstra hati-hati..

Selanjutnya, ada situasi-situasi ga ideal dan ga memungkinkan buat kita ngelakuin water birth, antara lain :

1. Kalo ibunya punya herpes
2. Kalo bayinya lahir sungsang
3. Kalo bayinya kembar
4. Kalo lahir prematur
5. Kalo ibu mengalami pendarahan berlebihan
6. Kalo ibu menderita toksemia atau preeklamsia
7. Kalo masi belom jelas, tanyain dokter kandungan, jangan nanyain ke rumput yang bergoyang.

Untuk hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan dalam air, yang udah pasti sih konsultasi sama ahlinya, dokter kandungan di rumah sakit yang nyediain fasilitas water birth, terus jangan lupa baca juga buku-buku literatur tentang water birth, di internet juga banyak ko. Oh iya, informasi ini juga gue dapet dari wikipedia sama website http://www.americanpregnancy.org/labornbirth/waterbirth.html klik aja buat lebih jelasnya..

Gimana? Tertarik ga? Gue sih pengen bangeeeet.. hihihi suka kebayang ga sih, gimana ntar kalo kita udah dewasa, nemuin our future husband, ouuuhh.. i'm waiting for you knowing that eventually you will appear, i'm anxious and excited to discover who you are, i wonder if i already know you. I wonder where will we live, what will we talk about, what our kids look like. I have so much in my plate and even more in my mind. I'll waiting for ya, my future husband :")


Ini nanti pas gue abis water birth, amiiin.. Berapa taun lagi? Who knows? Rrrr.. Liat gambarnya aja deh, gue seneng banget bikinnya. Ada gue, dede bayi, ibu, ayah, suami gue (belom tau siapa) , adik-adik gue dan sahabat gue Della. Hehehe, ngebayangin gue kalo udah dewasa anggun gitu, keibuan, dan rambutnya ga kribo lagi. 

Yeah.. It's for my future kids, i know God's just preparing me for you.. *muka sotoy* *padahal masih ingusan*

Jakarta, May 30, 2011

15 comments:

  1. klo aku maunya yg pnting lahir slamet, tpi lucu jga ya water bird itu, pinguin, pelikan dan semacemnya. tpi kok gambarnya orang melahirkan ya? apa hbungannya sama water bird? *tak tung ces prett*

    betewe gambarnya unyu bgt, hahaha nice nice

    ReplyDelete
  2. Water Birth, kardus! ckckckckck..

    Iyaa kan kaya di iklan BKKBN, bayi lahir sehat, ibu melahirkan selamat, makanya nikahnya di usia ideal, jangan kebeleeet, hihihihi :3

    oya?? teenggkyuuu *lempar duit ceban* *receh*

    ReplyDelete
  3. mu ko ade2nya kecil terus kan mumunya uda punya anak ?

    ReplyDelete
  4. oia bener, kan awet muda! *bela diri* *gamau disalahin* *males gambar lagi*

    ReplyDelete
  5. gambarnya keren euy, lama2 gue minta bikin header nih, hehe.
    besok SNMPTN, ikutan ga muth?
    katanya ga lolos undangan ke itb y? :D

    ReplyDelete
  6. wah.. wah.. ane jg rencananya pen water birth. smoga ane memenuhi kualifikasi. thanks ya infonya. dan ilustrasinya lucu :)

    ReplyDelete
  7. @amalia : hihihihi liat header gue aja culun gitu ceu.
    ngga gue ga ikut, telat daftar.. *alibi* *padahal menyerah sebelum bertanding*

    @kak maya : oh ya, tar kalo sukses water birthnya bagi2 cerita ya kak, nanti aku nyusul :p
    thanks, gambar itu ceritanya aku nanti udah dewasa :D

    ReplyDelete
  8. O_O! Baru tau lho ada yg kayak gitu..
    Kalo ga melahirkan aja gimana? :P
    Ga tau ya, gw dr dulu pengen adopsi lho.. Salut Mut, udh pengen punya anak aja lu.. *Dari gambarnya terpancar aroma pengen punya anak..

    ReplyDelete
  9. @inez lha, ko aneh lo ga pengen melahirkan, padahal kan enak, ada manusia baru keluar dari perut kita, nurunin sifat, wajah, nama belakang, waw..

    o iya dong, gue kan dewasa, anggun dan keibuan.. *promo*

    ReplyDelete
  10. ini bacanya sambil dengerin lagu bruno mars - marry you ya.. :D
    *sambil ngerjain TA*

    ReplyDelete
  11. wiii keren! denger-denger kalo ngelahirin via waterbirth rasa sakitnya berkurang, tapi ya itu tadi, yang paling penting anak emak selamet :)

    ReplyDelete

komen boleh, protes bayar.