Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, July 29, 2013

Infografis Sejarah Cihideung

Semester kemaren, dosen nugasin buat bawa koran terupdate pas mata kuliah SDKV II (Studio Desain Komunikasi Visual II). Mendadak langsung firasat buruk, inget jaman semester 2 disuruh nge-trace seluruh paragraph di koran dari awal sampe bego. Klik disini aja deh buat tau cerita lengkapnya -..-

Etapi ternyata tugansya lain, kami disuruh cari artikel terus bikin infografis dari berita tersebut. Apa itu infografis? Apa hubungannya sama infokus, infowatir, infobdg dan info-info lainnya??? Menurut mbak wiki sih gini:

Infografis adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafis ini memperlihatkan informasi rumit dengan singkat dan jelas seperti pada papan, peta, jurnalisme, penulisan teknis, dan pendidikan. Melalui grafis informasi, ilmuwan komputer, matematikawan dan statistikawan mampu mengembangkan dan mengomunikasikan konsep menggunakan satu simbol untuk memroses informasi.

Gitu.. Ngerti ga? Ya sama, aku juga engga. Toss!

Terus, dari koran kompas yang aku bawa, dosen milihin artikel tentang Cihideung buat aku jadiin infographic. Yang mau baca artikel lengkapnya klik disini yah.

Pertama-tama, bikin dulu skesta layout kasar buat asistensi. Bikin 3 opsi, biar dosen bisa milih yang mana paling oke buat dieksekusi.


Alhamdulillah, semuanya di ACC :') Kata dosen aku bisa pilih salah satu atau gabungin semuanya.

Oke kalo itu mau lo.
*direbus dosen*

Dimulai dengan membaca Basmallah dan buka Adobe Illustrator..


Bikin kembang Pelangi



Bikin chart pelangi


Bikin rumah-rumahan yang ada po’on nya


Set set set set simsalabim, beres!


Udah deh beres. Beberapa vectornya aku trace dari clip art yang udah ada, jadi agak cepet ngerjainnya. Soalnya aku emang lemah di bidang per-vector-an, masih harus banyak belajar ( .___.)/|| anak bitmap ||

Okedeh, segitu dulu ya sharing hari ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa comment :> 
See you on the next post! Selamat ngabuburit :D

18 comments:

  1. wuidihh keren jadinya euy, alus pisan :D

    pake AI semua atau pake Ps ? terus ini di muat di koran kmpas yah?? *banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini full AI.. ga dimuat di kompas, ini mah cuma tugas :)))

      Delete
  2. haha anak bitmap! Wah aku malah anak vector nih. Eh mendingan kamu anak bitmap aja dah, biar aku aja di dunia ini satu2nya anak vector #halah

    inforgrafiknya, warna retronya menawan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahhh :))) keren ih anak vector. Pasti orangnya ulet + penyabar bangeeett

      Delete
  3. hahah aku juga udah ngalamin yang namanya ngetrace koran teh ( .__.)/| infografiknya bagus XD

    ReplyDelete
  4. muuu pernah belajar model 3d animasi ga ?

    ReplyDelete
  5. Anjrit keren. :|
    Keren. bagus Mu.
    Warnanya juga menarik dan asik buat dibaca X)

    ReplyDelete
  6. wuih, kalo ambil DKV nanti diajarin pake AI atau corel nggak sih? :|

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. wuiiih keren,
    ikut nimbrung ah
    triajirachmanto.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. keren euy....
    kreatip pisan..

    salam kenal..

    ReplyDelete
  10. Makasih gan udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete

komen boleh, protes bayar.