Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, February 29, 2012

Eksis Dengan Internet - Show Them Your Inner Strength!

Postingan ini lahir dalam rangka usaha memaksimalkan potensi internet buat kamu-kamu yang doyan online tapi bingung mau buka apa selain situs jejaring sosial Facebook. Kutu buku di era digital sekarang bukanya buku ituuu mulu. Heran. Sihirnya Mark Zuckerberg udah ngerasukin jiwa-jiwa dari anak muda sampe orang tua.  Yap, konsumsi jejaring sosial gaul di Internet sekarang bukan cuma buat anak muda doang. Dari anak yang baru bisa baca, sampe kakek-kakek yang udah punya 3 lusin cucu, semua pengen tetep eksis di dunia nyata dan dunia maya.

everybody needs INTERNET!

Udah jadi kebutuhan manusia ingin selalu bersosialisasi, ingin didenger, dan ingin diperhatiin. Karena ga semua yang kita pikirin bisa diomongin, kadang ngeluapin lewat tulisan/gambar jadi alternative bagus buat ngungkapin perasaan.


Suka gitu ga?



Kadang di dalem otak bilang A, yang keluar dari mulut malah B. Tapi dengan tulisan, semuanya kerasa lebih mudah diungkapin karena kita ga bakal grogi face to face sama lawan bicara, kata-kata pun bisa ditata sebagus mungkin biar keliatan lebih rapi dan intelek, bahkan untuk sindir-menyindir pun kayanya lebih 'kena' dengan tulisan. Mungkin itu yang bikin orang tertarik buat aktif di jejaring sosial, selain dari fungsi utamanya, yaitu situs pertemanan di era komunikasi baru.

always..

Ada banyaaaaaaak banget situs jejaring sosial yang eksis di era digital ini. Facebook, Twitter, Plurk, Myspace, Linked in, Youtube, Yahoo! Koprol, Google+, Heello, Foursquare, Soundcloud, DevianArt, dll. Rata-rata satu orang minimal punya 1 account di situs-situs tadi. Masing-masing punya fitur dan ciri khas yang beda-beda. Aku sendiri, suka banget ngeksis di dunia maya sejak jaman-jamannya friendster, sampe sekarang punya beberapa account social network lain juga. Apalagi sejak punya Blackberry, bisa akses internet sepuasnya dimana aja. Bayangin aja, sekali ganti kegiatan, musti update status di beberapa account..

ciri khas situs-situs social network

Ga cuma buat sekedar update status atau curhat, jejaring sosial juga bisa jadi media advertising, jual-beli, kampanye, promosi diri, termasuk cari jodoh. Jadinya setiap orang pengen punya banyak followers/friends di account-accountnya. Biar banyak yang baca, biar pesan yang dia pengen sampein nyampe, dan yang terpenting : biar makin eksis! Dan masing-masing punya cara sendiri buat narik minat orang.


Banyak juga lho artis dan penyanyi yang memulai karirnya dari dunia maya. Mereka ini yang berhasil memaksimalkan potensi internet. Beberapa penyanyi internasional kaya Justin Bieber, Greyson Chance, dll memulai karirnya sejak video mereka tersebar dari Youtube. Ga mau kalah, Indonesia juga punya @raisa6690, @ADERA_ega, dan masih banyak lagi orang-orang yang potensinya "tersiar" lewat Youtube. Ada juga Duet keong racun @sisisinta & @jojoevitae, dan goyang chaiya-chaiya ala @briptunorman yang berhasil menarik perhatian masyarakat dari video iseng-iseng yang tersebar di Youtube.


Selain youtube, ada juga Twitter, yang banyak berperan juga dalam memunculkan potensi-potensi baru di dunia maya. Ada @poconggg, @shitlicious, dan @benakribo. Ketiganya adalah blogger sekaligus penulis yang  karyanya selalu ditunggu-tunggu. Kreatif dalam mengolah kata, membuat sesuatu yang menginspirasi, dan bercerita dengan gayanya yang khas membuat mereka punya banyaaaaak followers dan fans!


Kamu juga bisa kaya mereka! :D

Selain jejaring sosial, ada banyak juga situs-situs menarik buat dikunjungin. Isi otak kita dengan pengetahuan dari personal Blog, website hiburan, website pengetahuan, atau sekedar browsing-browsing mengenai hobi. Aku sendiri interest banget sama dunia motion graphic, tulis-menulis, ilustrasi, dan tarik suara.. So, aku masukin video dan tulisan aku di Youtube dan Blogspot, siapa tau ada yang lirik, hehehe.



Buat terus konek sama internet, kita butuh provider yang baik, yang ngedukung kita buat tetep eksis. Sinyalnya bagus, ga lelet, ga banyak gangguan, ga sering pending, tetep bagus di cuaca apapun, dan yang pasti harganya pas dikantong. Yang ga banyak syarat dan ketentuan, jujur dan blak-blakan. 
Temuin semuanya di www.duniaaxis.co.id dan mulailah ngeksis! :D


____________________________________________


 Oh iya, aku punya banner baru lho.. yang mau tukeran silakan komen dibawah! Jangan lupa selipin alamat blognya, nanti aku cek, terus aku masukin di page Teman Mumu :)


Tirimikisyi :D

Wednesday, February 22, 2012

My Own Playstation

oke, quick post aja ya, biar billing warnetnya ga mahal.

pagi ini, mesjid depan rumah ngumumin:
"Bagi seluruh warga RW 17, diberitahukan bahwa akan ada pemadaman listrik massal dikarenakan adanya proses perbaikan tihang oleh petugas. Proses ini akan berlangsung kurang lebih dari jam 08.30 sampe jam 16.00. Sekiyan dan tidak terima protesan"

So? Ga ada listrik means gabisa main komputer, gabisa nyalain lampu, kolkas, mejikjer, kipas angin, setrika, blender, catokan, dan alat-alat elektronik yang menunjang kesejahteraan rakyat di era global warming ini.

3 jam pertama aku abisin buat sarapan, mandi, beres-beres, terus bobo bobo cantik.
Pas bangun.. langsung mati gaya. Ga ada kerjaan. Ngitungin kerikil di jalan, bosen. Ngitungin dosa, cape. Ngitungin mantan, apalagi.

Tiba-tiba aku ngeliat buku gambar perawan belom tergores setitikpun sejak beli di Mang Samsul tukang potokopi. Lalu..




Jengjeeeengggg!!! Belajar ngarsir rambut ala @yulianzone 



Tiba-tiba pengsil warna aku ilang 2 biji yang asalnya 24 jadi 22 :"((



Dikasih kacamata kuda biar gaya kaya Sarah Jessica Parker




 Pake bulu idung kumis biar makin nge-hits. Ternyata terlalu gondrong :( Harus dikurut dulu sedikit..


Dan jadilah..



Taraaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhh~ 
alah siah itu mata aku yang picek apa kumisnya emang miring? yasudahlah..



Yaaaa begitulah rangkaian kegiatan aku selama mati lampu hari ini.


I create my own play-station. It doesn't need wire and electricity, but makes me happy :D


-mutia han-

Tuesday, February 07, 2012

6 Alesan Kenapa Mumu Jarang Ngeblog

1. Kuli-Yeah \m/

 Kegagalan masuk FSRD ITB ga lantas bikin aku tergoda minum racun beruang. Cita-cita buat jadi designer solehah yang banyak duit masih jadi salah satu target besar di idup aku. Selain itu, menghindari status pengangguran setelah resign dari Jakarta, si Emak masukin aku ke salah satu Universitas swasta di Bandung, yak. Universitas Komedi Komputer Indonesia, disingkat UNIKOM. Sampe detik ini, aku udah nginjek semester 2 jurusan Desain Komunikasi Visual.

Sungguh merupakan alasan yang tepat dan bijaksana karena milih jurusan ini. Buat kamu yang phobia angka dan suka mendadak kena mini-heart-attack pas liat rumus-rumus %^$x~+-()=, disarankan ngikutin jejak aku masuk DKV, karena disini ga belajar matematika. Saya ulangi biar lebih dramatis,

DKV GA PUNYA MATA KULIAH MATEMATIKA

yes, do envy me 
*evil laugh*

Gimana? Tersiratkah dalam benak kalian anak-anak yang baru mau lulus SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jurusan ini?

TUNGGU DULU! PIKIR-PIKIR LAGI!!!

mari kita lihat myself painting portrait setelah 6 bulan kuliah desain.. 



Me, diperkosa sama tugas-tugas kuliah yang memancarkan hasrat pengen terjun payung pake kresek indomaret dari sky scraper Dubai. Banyak, susah, dan cukup bikin dompet busung lapar. Begitu si Emak tau kalo ada 3 temen sekelas yang kena positif tipes dan DBD, langsung deh aku dicekokin multisupervitamin campuran minyak ikan, habbatusauda, pil biru, sakatonik ABC, vidoransmart, appeton weight gain, ortopedi, dan hemaviton biar stamina aku sekuat kuda jantan maraton dari Adelaide sampe Palestina. 

Keren..


2. Long Distance Relationship Sama Kampus

Yap. Aku kuliah di luar kota.
Setiap ngampus harus pulang pergi Cimahi-Bandung-Cimahi. Seperdelapan waktu aku seharian abis di jalan. Jangan suruh aku ngekost. Pengalaman idup sebatang kara di Jakarta setaun kemaren bikin aku bersyukur sama semua fasilitas plus yang ga akan dirasain anak kost setiap hari : masakan ibu, ruang keluarga, service elektronik 24 jam, tidur gratis, main game snake sama bantumi di HP Nokia emak, cocengan uang kembalian belanja dari warung, dll.

Karena jauhnya rumah dari kampus, beberapa bulan kemaren aku nembak SIM C (Jangan tanya kenapa bikin SIMnya musti nembak) dan dianugrahi izin mengemudikan motor bebek ompong gapunya gigi. Suka ngepot dan handal dipake nyalip kalo jalanan lagi PAMERSUSU (padat merayap susul-susulan). Track record : 2x jatoh, 3x nyerempet, dan jarang nebengin orang. Bukannya pelit, tapi mungkin mereka mikir lebih aman untuk jantung kalo naik angkot atau naik becak.




Karena di rumah cuma punya 1 motor, kadang suka berebut sama emak. Doi males bawa mobil kalo perginya ga terlalu jauh, jadinya pengen naik motor aja biar wesss wess wess langsung nyampe. So, kadang-kadang ayah nganter aku ke kampus, terus pulangnya naik angkot. Perjalannya 2 jam kalo lalulintas lancar. Kalo macet bisa sampe 2,5 sampe 3 jam. Wajar kalo muka aku tua di jalan. Oia, mungkin aja kita pernah seangkot, tapi kamunya pura-pura ga kenal. Cukstaw.




Kalo ada yang liat kenek yang suka gegelayotan di pintu angkot Cicaheum-Ciroyom, rambutnya pendek, tinggi 157cm, teriak-teriak cempreng merdu, itu aku lagi freelance. Say "Hi" aja.

3. Kerja Perintilan

Aku selalu nyempetin cari duit sekedar buat hang out sama temen dan nabung buat beli barang-barang yang pengen aku punya. Walopun sibuk ngerjain tugas kuliah, waktu luang selain dipake istirahat, aku pake buat kerja perintilan, macem bikin motion graphic buat acara TV / company profile, ngedit-ngedit video pesenan, nge-desain header blog orang, social media planner, bikin postingan iklan, dsb. Oh iya, ini showreel motion graphic aku:


Kemaren juga sempet ngedesainin blog temen, simpel sih, tapi alhamdulillah dia suka:




So, kalo ada yang mau order, silakan kontak e-mail mutia.hanifah@gmail.com :D

4. Asyik Bikin Video


Di postingan kemaren, aku bikin video nyanyi bareng nugelo @tergintinkan buat kuis. Yak, walopun ga menang, seengganya masuk nominasi jadi video terfavorit. Bantu dukung dong! Acungkan jempol kamu di sini nih :


http://www.facebook.com/video/video.php?v=3170901397104

Sejak video itu diupload, aku post di blog, share di facebook sama twitter, entah kenapa banyak banget yang ngomen ekspresinya si Gintink yang (-"-)
Jidatnya yang lebar kaya landasan pesawat terbang itu emang otomatis mengerung sendiri pas ketemu kamera.





Begitulah. Jadi maklumin aja muka dia yang bete stabil itu ya, dan tunggu video kami selanjutnya! Subscribe our youtube channel! xD


http://www.youtube.com/sayamutia
http://www.youtube.com/gintink




5. Sibuk Mikirin Ulang Taun Ke-20 dan Menghadapi Kenyataan Bahwa Saya Bukan Teenager Lagi 


Tanggal 10 Februari besok umur aku udah 2 dekade. Minta doanya ya temen-temen. Minta kado, minta uang, minta traktir, dan yang terpenting minta semangat dan motivasi biar aku ga galau terus. Buat yang mau ngasih-ngasih kartu ucapan, doa, wangsit, jampe-jampe, petuah, atau kado berisi blackberry, kamera dslr, mic condenser, mio sporty, nissan juke, rumah bertingkat, apa aja boleh kok.. yang penting ikhlas dan kreditannya udah lunas.. faham? (smile)


Oia, kalo mau kirim-kirim gambar, aku bikin page baru judulnya 'souvenir teman'. Boleh submit via twitpic twitter dan mention ke @mutialhanan, via email ke mutia.hanifah@gmail.com, atau ke upload di page 'kontak mumu'. Jangan lupa sertakan nama, username twitter, dan nama blog/website (kalo punya). Kaya bang jojon sama kak apip nih..

 Dari bang jojon @yulianzone

Dari kak apip @bizwud

Oke? Ditunggu :)


____________________________________________________________________


Oke, itu tadi 5 alesan klise kenapa aku jadi jarang ngeblog versi on the spot. Dan terakhir, sebenernya terselip alesan utama dan mulia yang patut direalisasikan, dan aku sampe ngabisin banyak waktu buat mikirin gimana caranya biar bisa kaya gini..



Pembangkit Listrik Tenaga Pikachu!