Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, June 01, 2013

Cimahi : Bibit Industri Kreatif yang Hijau dan Bersejarah

Udah nginjek tahun ke-21 sejak aku tinggal di Cimahi. Artinya udah selama itu aku lahir dan besar di kota kecil ini. Kenapa aku sebut kota kecil? Soalnya luasnya 48,42 km persegi, nyempil di sebelah barat kota Bandung, dan emang yang paling imut diantara kota-kota lain di Jawa Barat. Dulu, Cimahi tuh bagian dari kota Bandung, tapi sejak 21 Juni 2001, status Cimahi yang asalnya Kota administratif resmi menjadi Kota mandiri :D

Nama Cimahi sendiri asal katanya dari bahasa Sunda, “Ci” yang berarti “Air” dan “Mahi” yang artinya “Cukup”, dalam bahasa Indonesia diartikan jadi “Sumber Air yang Cukup”. Kalo main ke rumah aku, ga ada alesan buat ga mandi, soalnya airnya banyak, seger lagi :)) Oh iya, rumah aku ada di kelurahan Leuwigajah, Cimahi Selatan. Pas banget di kaki bukit Cibogo, jadi yang mau main ke rumah, siap-siap pasang gigi satu (--,)


Rumah sayah

Cimahi dikenal sebagai kota “Militer” atau kota “Tentara” karena menjadi Pusat Pendidikan Militer pada tahun 1886. Tapi sekarang-sekarang ini Cimahi lagi road to “Cyber City” lho, pemerintah sini lagi ngembangin industry kreatif layaknya Silicon Valley, Amerika. Sebagai pondasi, pemerintah ngebangun gedung BITC (Baros Information Technology and Creative Center) yang didalemnya ada komunitas CCA (Cimahi Creative Assosiation), aku termasuk di dalemnya lho :D (walaupun udah jarang aktif lagi karena sibuk ngitungin bintang di langit)


BITC

Nih, karya-karya anak CCA dalam bidang film & video, animasi, ICT, desain, seni &kerajinan, fashion, musik, dan fotografi. Dari semuanya aku paling suka animasi proyekan temen-temen, judulnya “Super Neli”, nih videonya:


Terus, kalo main ke Cimahi, spot-spot mana aja sih yang recommended buat didatengin? Nih, aku ajak jalan-jalan yah..


Pertama, Taman rakyat. Lokasi Car Free Day tiap hari Minggu di area PemKot Cimahi. Olah raga, jalan-jalan, ngeceng dede dede gemesh, cari-cari downline, kumpul komunitas, foto-foto, belanja perabot, hunting baju-baju murah, jajan cimol (aci diemol emol), cireng (aci digoreng), cilung (aci digulung), cilok (aci dicolok), basreng (baso goreng), bacil (baso kecil), comring (comro garing), gurilem, ali agrem, dll sagala aya lah disini mah :))

Terus, Lapangan Brigif Kujang. Disini sebenernya lapangan buat latian para tentara, tapi tiap hari Minggu mirip taman rakyat, tempat olahraga-belanja-jajan. Disini juga biasanya konser besar digelar, kaya Bandung Berisik, OVJ Roadshow, dll. Ada kolam renangnya juga lho :D

destinasi belanja murah tiap minggu pagi

Nih buat yang pengen kecipak-kecipuk di aer, ada beberapa kolam renang yang bisa jadi alternatif. Kolam renang Tirta Yudha (Jl. Pasir Kumeli), Bercleus (Jl. Sukimun), Cipageran (Jl. Cikendal 99), sama Tirta Mulya. Kalo aku paling suka ke Tirta Mulya, soalnya indoor (renang selama apapun ga akan gosong), luas,  kolamnya banyak dan ada waterslidernya :))) *maklum waktu TK jarang main perosotan*


sorodot

Buat yang suka outbond atau nyari tempat rekreasi keluarga mending cobain main ke Alam Wisata Cimahi (Jl.Kolonel Masturi Km.14 No.157). Kalo aku sih karena rumahnya di gunung jadi bisa outbound tiap hari (--,) *flying fox dari bukit cibogo*


Salah satu spot di AWC

Meluncuuuurrr ke Curug Cimahi. “Curug”, artinya Air Terjun. Yak, indah banget kan air terjun di Cimahi.. Tinggal dateng aja, siapa tau ada yang mau foto prewed, shooting video clip atau bikin film horror… *kemudian hening lama sekali*

Keramat

Beli baju? Belanja perabotan? Service handphone? Cari buku? Salon kecantikan? Makan enak? Sarana hiburan? Spot buat kongkow kongkow? Semuanya lengkap disini.. Cimahi Mall. Mall ikon kota Cimahi. Cus yuk! *bawa dompet* *nyalain motor* *berangkat*

Kongkow

Kampung Adat Cireundeu. Terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Terdiri dari 50 kepala keluarga atau 800 jiwa, yang sebagian besar bermata pencaharian bertani ketela. Kalo makan disini kalian bakal jarang nemuin nasi, soalnya makanan pokok warga Cireundeu itu singkong :D Buat yang ingin mempelajarin seni budaya khas sunda, cocok nih mampir kesini :)

Back to Nature

Selain objek wisatanya banyak, Cimahi juga terkenal karena peninggalan arsitektur sejarah jaman Belandanya. Cocok buat kamu yang hobi fotografi atau suka mempelajari sejarah nih. Sejak Cimahi dikenal tahun 1811 (jaman-jamannya Gubernur Jendral Willem Daendels membuat jalan Anyer – Panarukan) banyak bangunan yang didirikan oleh Pemerintah Hindia – Belanda, nih diantaranya:

Statsiun Kereta Api Cimahi. Dibangun bersamaan dengan pembangunan Jalan kereta antara Bandung - Cianjur pada tahun 1874 - 1893. Dulu aku bolak-balik Jakarta-Bandung berhentinya di stasiun ini :’)




Pusat Pendidikan Militer Bangunan-bangunan yang berdiri sejak tahun 1886 sebagai Pusat Pendidikan Militer sampai sekarang. Ada properti pesawat dengan real size bertengger di gerbangnya :))


Rumah Sakit Dustira Didirikan tahun 1887 dengan nama Milifaire Hospital dan tahun 1956 diberi nama Rumah Sakit Dustira. Letaknya di Jl. Rumah Sakit no 1 Cimahi. Tempat shooting film “Heart” acha & irwansyah :))))


Gereja St. Ignatius Merupakan Gereja Katolik yang didirikan Pemerintahan Hindia - Belanda pada tahun 1908. Letaknya di Jl. Baros Cimahi, sebelahan sama SD aku dulu :>


Bioskop Rio Sebuah bangunan yang digunakan untuk Bioskop yang Terletak di Jl. Ria (Rio) Alun-alun Cimahi. Sekarang berubah jadi Rio Xenter pusat belanja Handphone dan DVD :D


Komplek Pemakaman Kerkhoff. Komplek pemakaman peninggalan pemerintahan Hindia-Belanda yang terletak di Jalan Kerkhoff - Leuwigajah – Cimahi. Pemakaman sebelah komplek rumah aku.. Celeumb >,<



Yap. Segitu dulu ah jalan-jalan hari ini. Pegel, nih mau pulang. Tapi jalan-jalan ga berkesan tanpa oleh-oleh dooong, makanya jangan lewatin buah tangan khas Cimahi, ada Kopi Hanjuang, Denjadi (Dendeng Jantung Pisang), Batik Anggraeni, dan lain-lain.


Semoga di umur Cimahi yang semakin dewasa ini (tanggal 21 Juni ntar ulang taun yang ke 12) Cimahi selalu berjaya, dan sesuai slogannya, Saluyu Ngawangun Jati Mandiri, yang artinya memiliki pengertian berjalan harmonis serasi dengan selaras, bahu membahu dalam membangun citra diri yang mandiri dalam kemajuan. Asek!


www.cimahikota.go.id
Maskot Chima

Harapan aku kedepannya sih, semoga yang jauh-jauh jadi tertarik dateng kesini, untuk sekedar main di waktu senggang atau liburan, bisa juga belajar animasi, karena CCA sering banget ngadain workshop tentang animasi dan technopreneur :D Aku yakin industri kreatif di Cimahi bakal berkembang banget karena aktifnya peran pemerintah dalam memfasilitasi warganya patut diacungi jempol. Terimakasih Ibu Walikota, Bu Atty Suharti :)

Dan buat yang tinggal di Cimahi makin betah tinggal disini. Iyalah, gimana ga betah. Cimahi punya sekolah-sekolah unggulan yang selalu bisa bikin aku bangga jadi alumninya. SD Negeri Baros 1, SMP Negeri 1 Cimahi, SMK Negeri 1 Cimahi (jurusan Teknik Produksi Program Pertelevisian) yang bikin aku ngerasa semakin deket sama cita-cita aku jadi Graphic Designer & Illustrator. Hap hap hap (9 ‘o’)9

Hasil belajar di SMKN 1 Cimahi. Nomer HPnya udah ga aktif :)))

Oh iya, Untuk tau update event di Cimahi, silakan follow @cimahikota atau facebook resminya klik disini :D Dari semua tempat yang aku share di atas, kalian pengen ngunjungin yang mana? :))

Sumber data dan beberapa foto:
http://kampungadatcireundeu.wordpress.com
postingan ini diikutsertakan dalam Cimahi Blog Competition, click here to join :)

40 comments:

  1. donat madu ko ga ada mu, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa saking banyaknya sampe ga ketulis x((

      Delete
  2. Pertama yang mau gua kunjungin klo ke cimahi,rumah kamu mu, narok barang2, numpang makan, mandi dll.. baru jalan2 keseluruh tempat,, boleh ya mu,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget, tapi bayar sewanya 1.347.847.374,303 dolar yak :))))

      Delete
  3. Sekarang jadi aktif ngeblog ya, Mu. Setelah sekian lama terbengkalai.
    Plus, makin lama gaya tulisannya makin enak dibaca :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah mulai aktif lagi, kak. Kalo ide-ide yang ada di otak ga ditulis dan di share, takutnya keburu lupa terus mubazir :))

      Thanks for reading :')

      Delete
  4. kemaren mau ke cimahi maen ke skatepark ehh taunya ketiduran ditinggal temen deh.. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, skateparknya cimahi dimana emang? Aku gatau hihihi :)))

      Delete
    2. buqiet skate park, ciwaruga, (eta cimahi keneh atau lain nya ?) hahah P

      Delete
  5. ada yg baru teh MOCHILOK haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iyaaa itu lagi ngehits banget tapi aku belom nyoain, fotonya tempting abeeessss x))

      Delete
    2. mau dibeliin teh ? hahaha =))

      Delete
    3. Mauuukkk kirim ke rumah ya :3

      Delete
  6. Keren Teh. Saluut punya kakak kelas kayak Teteh :D. Buat lomba ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah dikomen adik kelas. Adik kelas SMP atau SMK nih? :D

      Iya, wish me luck yaa :D

      Delete
    2. smk teh :D saya angkatan ke-7,

      Delete
  7. kayaknya typo ka, bukan Dejandi, tapi Dejanpi.. hehe
    menarik yah kalo bisa maen-maen ke Cimahi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya typo x(( nanti di benerin ah

      Hayu hayu main kesini :D

      Delete
  8. Keren keren keren! Velodrome-nya belum dimasukkin, Mu, just keep blogging ya ^_^ Kapan2 nanti diajak kopdar lagi deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir bangaswi.. Pasti keep blogging terus (9 'o')9 asiikkk mau dong kopdar lagi, pengen dapet yang gratis-gratis lagi gituh kaya kemaren.. #akucintagratisan :))

      Delete
  9. aku suka bacol di deket cimahi mall, mu! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiiiihhhh aku juga suka kesituuu kapan-kapan nangkring bareng yuk ngebacol :))

      Delete
  10. sama Lembur Batik Cimahi teh Mu!
    di Jalan Pasantren. deket rumah akuh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iyaaa kelewaaat.. Padahal aku pernah liputan kesana .____.

      Delete
  11. wah mayan lah ya udah ada mall disana
    kirain.. masih kaya kabupaten biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada dong, kumplit juga dalemnya segala macem. Hebrin666..

      Delete
  12. Kepengen kesana lagi kak, dulu cuma sekali doang ke curug cimahi :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir kapan kesini? Udah banyak berubah lho, cimahi :D

      Delete
  13. Replies
    1. Bacol oge khas banget lah, pasar antri pisan :))

      Delete
  14. nah aku sama beberapa temen pernah dipilih buat ikutan training 3D animasi yang diadain kampus mu, trainernya kang kurniawan indra dari CCA. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh kang kur :)) iya doi kakak kelas pas sma, jagoan banget nggambarnya dri dulu :D

      Delete
  15. Kaki bukit Cibogo? Berarti dekat sama Udiklat PLN dong?

    ReplyDelete
  16. Teh pengen ikutan masuk CCA :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dateng aja ke gedung BITC lt.4, ntar ketemu kang irvan :D

      Delete
  17. hai, aku baru-baru aja pindah ke cimahi. yah, ga permanen juga sih pindahnya. cuma orang tuaku aja. aku sendiri skrg kuliah di makassar. aku dapet link blog ini dari temen aku. katanya ada.postingan soal cimahi. ternyata aku nemu orang cimahi deh hahaha... salam kenal ya:)


    icha

    ReplyDelete
  18. wah.. depok masih kalah nih sama cimahi..

    ReplyDelete

komen boleh, protes bayar.