Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, July 23, 2011

Obsessive Compulsive Disorder

Diangkat dari kisah nyata.
Perjalanan hidup seorang gadis belia.
Menerjang kerasnya hidup di jakarta.
Mutia.. oh Mutia.
Tuktiktaktiktuktiktak suara sepatu kuda.

Dan ceritera ini pun bermula.


Bukannya apa-apa, cuma mau nanya.
Pernah ngalamin hal serupa?

"Cucian tadi udah gue jemur atau masih di mesin ya?"

"BBM dari gebetan udah gue bales belom si?"

"Eh poni gue udah mohawk sempurna belom yah?"

"Pacar gue tu cuma ada 3 orang atau masih 5?"


Ya semacem gitu tuh, lupa ngunci pintu, padahal udah. 
Lupa ngerjain PR, padahal emang belom.
Lupa cebok, padahal? Padahal udah. Tapi lupa tutup pintu.

-..-


Cemas.. Cemas.. Cemas.. Bimbang tak berujung, bagai kencing dalam karung. Ragu sama diri sendiri mikirin, siapa sih orang tua upin ipin. #ApaDehMamahDedeh


Selalu ada pikiran yang berulang-ulang bilang,
"Tunggu. Gue tadi udah ngonci pintu kosan belom ya? Udah deh kayanya. Ah tapi tar dulu, orang tadi buru-buru. Kalo sampe belom ngonci, gila aja harta gono-gini semua disitu. Tapi udah deh, perasaan. Perasaan loh yah, tadi beres dandan, gue keluar kamar, kunci pintu, masukin kunci ke saku, terus berangkat. Biasanya juga gitu. Yakin, yakin.."


*hening* 


"Eh tapi jangan-jangan itu ingetan gue yang kemaren? Siapa tau? Iya, itu bukan kejadian hari ini dehh. Abisnya rutin, ga ada bedanya. Kayanya musti cek lagi ni, beeeuhhh.."


Begitulah konflik di otak gue belok kiri dikit. Time wasted. Ribet pada detail, waktunya abis buat mem-perfect-kan hal yang ga penting. Akhirnya gue telat masuk kantor. Tapi gapapa. Telat masuk masih mending daripada telat ngangkat. Iya, ngangkat telepon. Ngok!

Bukannya apa-apa, cuma mau ngasih tau.
Ternyata kecemasan macem itu tuh ada namanya. Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Istilah kerennya sih gitu, coba deh lo ngomong depan temen lo yang labil-labil, dijamin lo bakal difitnah intelek. Asik.


Obsessive Compulsive Disorder adalah salah satu bentuk kecemasan klinis yang ditandai dengan adanya perilaku obsesif (harus - tidak ada toleransi) yang berkaitan dengan perilaku kompulsif (melakukan sesuatu dengan berulang-ulang). Perilaku kompulsif ini bertujuan untuk menenangkan perilaku obsesifnya. Sampai batas-batas tertentu, kondisi ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai perfeksionisme.


Tapi kecenderungan perfeksionisme beda dengan perilaku OCD, walaupun kedua-duanya mengandung unsur kompulsif tadi. Seseorang yang menderita OCD memiliki beberapa kecenderungan, obsesinya disebabkan oleh kecemasan yang sulit diterima dengan akal sehat. Terdapat banyak pikiran, dorongan, dan bayangan yang tidak berkaitan dengan masalah nyata.


Beberapa tipe OCD :


1. Checkers
Terobsesi untuk selalu memeriksa. Penyebabnya kecemasan yang irasional. Kaya kasus gue tadi, ragu udah ngunci pintu atau belon, takutnya momen yang gue inget itu adalah kejadian hari sebelumnya. Camas dapet akibat fatal yang berpotensi mencelakai diri sendiri dan orang-orang sekeliling. Dan jika hal buruk kejadian, orang yang punya kecenderungan ini bakal nganggap dialah pihak pertama yang harus disalahkan.
(Ini tipe gue, tapi ga separah itu.. Stadium 1, sabi laah..)


2. Washers and Cleaners
Merupakan orang yang memiliki ketakutan irasional terkontaminasi kuman, jadinya secara kompulsif dia bakal ngehindarin diri dari kontaminasi tersebut, misalnya membersihkan diri. Walaupun berkali-kali mencuci, dia ga juga ngerasa aman. Pada beberapa kasus, tipe ini terjadi akibat trauma diperkosa (atau diperlakukan tidak senonoh secara seksual), sehingga ia merasa dirinya terus menerus kotor. 
(Ngeri..)

3. Orderers
Merupakan orang yang fokusnya mengatur segala sesuatu agar tepat pada tempatnya. Mereka bakal ngerasa tertekan kalo benda-benda tersebut dipindahkan, dipegang, atau ditata oleh orang lain.
(Kopet..)

4. Obsessionals
Merupakan orang yang memiliki perasaan obsesif dan intruktif, bahkan terkadang menakutkan jika dirinya akan mengakibatkan kemalangan atau kecelakaan.
(Nggh, ada yang bisa bantu jelasin? gue juga ga nangkep nih apa maksudnya..)

5. Hoarders
Merupakan orang-orang yang senang mengumpulkan barang-barang tidak berharga.
(Gue juga suka nih, ngumpulin karet bekas dari bungkus nasi uduk.. Lumayan buat penghapus pensil.. #mentalAnakKos)


Tolong jangan fitnah gue beneran maparin penjelasan tentang OCD dengan pikiran gue sendiri. Gue ga seintelek itu. Penjelasan-penjelasan tadi berasal dari sumber mata air terpercaya, cekidot gan.
Dan untungnya emang kecenderungan OCD tipe checker gue ga parah-parah banget. Karena kadang gue murtad dari kecenderungan itu sendiri. Ga percaya? Ini buktinya.




Silakan share artikel ini kalo emang perlu. Sebarkan ke penjuru dunia persilatan. Biar orang-orang tau. Semoga bisa membantu.
Buat yang punya pengalaman serupa, bisa comment disini, so kita bisa share tentang topik OCD. Gue juga belom nemu apakah ada terapi-terapi khusus buat mengurangi kecenderungan ini. Semoga yang lebih tau bersedia berbagi. Ditunggu yah :)


Jakarta, 23 Juli 2011, entah kenapa beres nulis ini, gue ngerasa keren.

44 comments:

  1. gue punya sodara yang menderita "hal" kayak gitu mu, dia perfeksionis. saking perfeksionisnya, cuma dia di satu sekolahan yang punya 2 saku (kantong baju) kanan, dan kiri. -______-

    ReplyDelete
  2. eh aku juga nhe kayak gini.. tapi untuk yang tipe 2 kayaknya gak deh..

    ReplyDelete
  3. iiiihh aku bgt kak,kalo ninggalin kos"an slalu was" gtu deh

    ReplyDelete
  4. Gue bener-bener jadi kepikiran gara2 baca tulisan lo ini, gue nyesel baca ini. Beneran deh.. Gue juga agak lupa kalo gue udah komen disini, Gue sekarang lagi mikirin "Siapa ya orang tuanya Upin Ipin? Keluarga gue tau gak ya? Kalo misalkan kelurga gue gak ada yg tau, gue mesti cari tau kemana.. Sumpah kasihan Upin Ipin orang tuanya belom ketauan"

    ReplyDelete
  5. haha waah ternyata gw juga ngalamin nih Obsessive Compulsive Disorder sering hampir tiap hari...

    ngecheck kamar kost berkali kali.. mungkin ada hampir 3-5 kali gw ngecheck kamar kost gw -..- halah.. i can't avoid this soalnya gw tipe Checkers, Obsessionals ...

    oia sedikit nambahin mu maksud obsessionals :

    mereka yang selalu memikirkan hal yang terburuk setiap langkah yang ia perbuat..

    misal lo mau naik motor, nah lo mikir kalo misal kecelakaan gimana, takut ditilang lah etc.. dan hal hal yang lain (gw sering ngalamin kayak gini hehe).

    ya sejauh ini Obsessive Compulsive Disorder gak begitu menganggu kehidupan gw justru malah bikin lebih teliti (walau sedikit wasting time buat hal hal yang yang harus di cek berulang kali).

    eeets sori komen nya kepanjangan hehe,,,

    ReplyDelete
  6. Kalo gua OCD yang paling fatal lupa nge-logout akun twitter sama facebook gua kalo main diwarnet ato dipc orang. Soalnya udah kebiasaannya gitu sih, main selesai tinggal pergi... lalala~

    ReplyDelete
  7. haduh.. gue banget ini.. kalo keluar rumah, ampe gerbang balik lg.. mastiin pintu kamar udah dikunci.. tiap 5 menit megang kantong mastiin dompet hape dan titit masih utuh.. etc.. ternyata ada namanya ya.. makasih infonya mumuu l.. nice post! ;)

    ReplyDelete
  8. gue salah satunya, sebelum tidur pasti bolak balik ke wc, "Udah pipis belum yah?" -___-

    ReplyDelete
  9. perfeksionis dan Obsessive Compulsive Disorder

    dalam artian beda ^^
    perfeksionis cenderung ke sifat bawaan.(Human nature)

    Obsessive Compulsive Disorder
    hampir sama tapi memiliki definisi beda , karena sesuatu hal yang mendorong.

    pada dasarnya memiliki kesamaan nilai, sama sama kurang percaya diri dan meyakinkan diri

    ada unsur2 yang lumayan berpengaruh ,misal Act psychology dan Awareness : sama sama berhubungan dengan emosi sesaat setelah bergelut dengan masalah masalah sekitar sehingga timbul apa yang disebut Split-off consciousness (pecahnya kesadaran).

    Obsessive Compulsive Disorder secara gak sadar dimiliki oleh semua orang, masih dalam tahap wajar kok karena dalam berkeseharian antara raga dan jiwa kadang kadang suka gak sinkron, namanya juga manusia banyak problem atau bahkan keinginan (strategi hidup) asal jangan sampai berlebih aja sampai nimbulin Regulatory behavior (tingkah laku yang mengatur) bukan pikiran secara wajar ..

    weeee gak berasa ngetik panjang .. :p

    ReplyDelete
  10. @Vinni : Hah? 2 saku di baju seragam? sekalian aja bawa tas pinggaaaanggg -..- parah juga yahh..

    @akane : yoi. tapi itu cuma beberapa kasus ko.. bisa aja karena sebab yang laen..

    @alifahnovita : iyaa, kirain gue doaang :)

    @shudai : bhuahhahahahaha.. biarin aja bonyoknya upin ipin jadi misteri. kalo sampe kebongkar dan taunya masih idup, mungkin upin ipin ceritanya jadi kaya "Hatchi".. galau maksimal.

    @anonymous : waaaaaa very nice infooo! iya gue juga sering tiba-tiba kepikiran kecelakaan pas lagi naik motor.. nambah lagi deh, stadium 2 -..-

    @fukosi : nyahahahahha iya gue juga suka gitu tuh apalagi pas jamannya masih seneng ke warnet! bolak balik mastiin udah di log out takut diobrak-abrik orang :))

    @kak alit : *tepok jidat onta* nyeahahahaa, banyak juga ya yang musti dicek. pikunan nih abang-abang! umur emang ga bisa bo'ong.. *ngacir*

    @mimbar : parakhh :)) tapi mendinglah daripada gue pergi lupa gosok gigi.. dan positif thinking aja gitu.. -..-

    ReplyDelete
  11. point nomor duanya kenapa serem abis -___-" gue suka ngerasa tuh, tiap abis ngelakuin sesuatu pasti gue bersihin tangan dan kaki gue.. hoho :O

    ReplyDelete
  12. mampus gue suka lupa cebok lupa mandi dan lupa buang mayat monyet yg udha gue mutilasi ==a

    ReplyDelete
  13. @brigadir kopi : oh my gay.. ternyata research gue masih kurang banget yaaahh.. duh, untung ada yang nambahiiin, sip sip very nice infooo jugak niih, thank youu :) *kasih cendol*

    ReplyDelete
  14. sama banget -_____- haha tapi kalo keseringan gawat juga

    ReplyDelete
  15. haha yang 5 hoarders : suka ngumpulin karet bekas dari bungkus nasi, sama ngumpulin plastik" bekas #MentalAnakKos -..-

    ReplyDelete
  16. aku juga sering ngalamin kak , huhu terutama yang nomor 1 tuh -_____-

    ReplyDelete
  17. Gw mah klo lagi liburan pulang kampung biasa kelupaan "udah makan belon ya?"

    eeh trnyata udah, jadi 1 sore makan 17 porsi

    Maafkan anakmu ini mami, mana beras sekilo makin mahal tokonya jauh pula, huhuhuuu. jgn sampe gw cuma dsuru mkan nasi aking, wkwkwk

    ReplyDelete
  18. aku baru tau OCD tapi emang banyak orang yg bilang kalo aku orang yang perfeksionis gara2 hobi beresin lemari dan gak mau lemari buku gue dan semua benda2 milik gue di pegang2 sama orang lain cuma dengan alasan takut kotor.

    ReplyDelete
  19. haha sama gue juga sering kaya gituu.. tipe checkers juga nih -.-

    ReplyDelete
  20. Gue punya teman yang punya kebiasaan ngatur sesuatu memang "harus" pada tempat nya... Terus gue risih ngelihatnya... Karena gue gak suka barang-barang "harus" diatur segitunya...
    Apa mungkin gue mengidap penyakit sejenis ya???
    Takut nih mbak...

    ReplyDelete
  21. klao gua sih jarang kayk gitu..
    palingan sehari bisa 5-8 kali...

    ReplyDelete
  22. emak gw yg sering. pas udahperjalanan pergi 10km dr rumah baru bilang "itu kompor di dapur udah dimatiin blm ya?' -__-"

    ReplyDelete
  23. Ini mah gue banget teh mumu. Gabakal pernah percaya sama apa yg udah dilakuin. Kemaren gue ngupil, 5 menit selanjutnya lupa dipeperin kemana -___________-"

    ReplyDelete
  24. Nyokap gua kayak gitu, gua pikir cuma rasa cinta kebersihan yg berlebih, ga taunya penyakit toh?

    ReplyDelete
  25. Seing kayak giini nih.. Apalagi yg tipe 5.. Sering ngumpulin tag barang (yg tempat nempel harga trus suka ada gambarnya ga jelas gitu) trus disimpen aja gitu di lemari.. Wkwk, kira2 stadium berapa ya tuh? -___-"

    ReplyDelete
  26. Aku yang tipe orderers. Misalnya kalo kamar berantakan, trus barang2 kamar diberesin pembantu kayaknya nggak enak -___- Khawatiran aja takut nggak rapi atau gimana-_- Stadium berapa ini teh kak mumu? ._.

    ReplyDelete
  27. ko gua apa ya...
    duh nih poni udah bener belum. Ni rambut udah lurus belum, gelombang-gelombang tsunaminya udah reda belum..
    jerawat udah dipencet belum. Bekas setor emas batangan di kamar mandi udah disiram belum...

    ReplyDelete
  28. HUAHUAHA telat ngangkat.
    My experience: parkir di lantai 5. udah turun ke lantai dasar, balik lagi ke parkiran cuma buat tau kalo pintunya udah gw konci. BAHAHA !!!

    ReplyDelete
  29. hyahahha pernah banget :D
    terutama waktu roka'at sholat
    sering bengong, "tadi sudah roka'at ke berapa ya?"
    #TikTokTikTok

    ReplyDelete
  30. kak aku juga sering banget ngalamin kayak gitu,pernah HP aku masuk kulkas kuranglebih 20menit gara-gara aku nggak ngeh pas buka kulkas malah naroh HP disitu-__-

    ReplyDelete
  31. SAMA! Sering, udah sampe pager, balik lagi cuma demi ngecek pintu kostan udh dikunci apa belom.. Terus kalo ngafalin angka, karena takut salah, jadi salah beneran. Lagi nyuci piring trus lupa udh disabun ato belom, jadi cuci ulang.
    Hadeeuuh...

    ReplyDelete
  32. kayanya gw juga pernah deh ngalamin y bgtuan :)
    blognya bagus

    ReplyDelete
  33. iya nih gue, juga sukaagak cemas-cemas gitu. tapi masuk mana ya? o.O

    ReplyDelete
  34. Kalo abis duduk terus berdiri mau pergi, bolak balik ngecek, recehan ga jatoh kan? hape msih ada kan? huhu nyiksa juga kadang kadang -___-"

    ReplyDelete
  35. wkwkw temen geu nih yang pernah ngalaminkaya gini :D
    salamkenal ^^

    ReplyDelete
  36. halo salam kenal..
    menarik melihat ada yang "bernai" mengungkap kalo dia punya OCD.

    Tapi sayangnya, banyak yang salah kaprah. Banyak yang mengkaitkan "gw punya OCD" biar keliatan keren, padahal sebenernya dia cuman "PELUPA"
    Gak semua pelupa itu OCD.kalo cuma sekali-kali aja "LUPA" itu mah bukan OCD.
    Sama kayak perfeksionis, memang bukan OCD.
    OCD itu punya POLA, dan ini kata kunci OCD berulang [compulsive]

    Kasus OCD yang parah tuh kayak MONK. dia sempurna memerankan tipe washers cleaners akut. tapi memang itulah OCD.

    ReplyDelete
  37. aku juga kayak gitu kakak, tp mungkiin itu cuma PELUPA kaya yg di bilang Om Dokter Gigi Gaul ..

    infonya keren n jd byk tau nih ..

    ReplyDelete
  38. holaaaa, gue baru baca blog lo dari blognya benablog...
    you ROCK!!! Keep blogging yaa!!

    ReplyDelete
  39. Saya mah paling sering...kehilangan penghapus.
    Kalap.
    Cari-cari.
    Nengok kolong, ke atas, ke bawah, sampai beranjak dari tempat karena biasanya karet penghapus gampang melambung dan mendarat di tempat tak terduga.

    Dan ternyata, penghapus itu ada di genggaman tangan sendiri!

    Soal sikat gigi juga sering banget! Hahaha. Sikat gigi itu sering dilakoni tanpa kesadaran...

    ReplyDelete
  40. wahahahahaha stuju..dan saya sering sekali mengalami kasus ini terutama ngunci kamar kosan...padahal dah setengah perjalanan ke kantor

    ReplyDelete
  41. tidak tahu ini ocd atau bukan .. tapi saya dulu pernah ditanya waktu melamar pekerjaan . .. coba sebutkan kekurangan kamu ... saya diam tidak jawab ... kemudian interviewer kembali bertanya ... saya tidak jawab ... jadi kamu tidak punya kekurangan kamu sempurna donk ... dan saya jadi gagal dapat pekerjaan karena hal itu . . jika saya pikir lagi kenapa saya tidak pura2 saja jawab kekurangan saya ini lho pak toh dengan sedikit berbohong saya akan dapat pekerjaan ... tapi waktu itu saya benar2 tidak bisa jawab ... saya merasa sangat aneh ... tapi mungkin saya mengidap ocd perfeksionis .. merasa semuanya harus semetri, harus genap, dan harus teratur .. dan saya juga pernah mengkoleksi potongan2 iklan koran hingga banyak . . tapi hanya jika sedang stress ... apakah ada yang seperti saya ?

    ReplyDelete

komen boleh, protes bayar.