Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, June 29, 2013

Nulis Buku Pertama dengan #NiatBaik

Guys, kalo aku nulis buku.. Kalian pada mau baca ga? :(



Rada kaget juga waktu beberapa bulan yang lalu, Om Fial—editor Bukune—nelfon, nawarin nyumbang cerita buat buku kompliasi gitu. Terakhir doi suruh aku nulis buku tuh dua taun yang lalu, kami ketemu di FX pas acara SosMedFest 2011 sekalian ketemu Kak Bena & Kak Bintang. Om Fial nawarin aku bikin buku sendiri.. Aneh. Tukang gambar kok disuruh nulis ._____.

Alasan kenapa aku ga pede nulis buku:

1.     I’m not funny. At all. I’m a bit of a booooriiiiing person. Ga kaya Raditya Dika yang setiap huruf di tulisannya mengandung matra ketawa, I don’t know how to make a joke. Bagai kanebo kepanasan, aku garing. Bye.

2.     Aku pelupa. Disuruh nyeritain kejadian 6 hari yang lalu aja kadang harus nanya bola kristal. Apalagi kalo disuruh ngerewind kejadian 39,2 taun yang lalu.. Beli mesin waktu aja deh ni lama-lama.

3.     Nulis buku itu susah. Kayak ngasih bingkisan yang sama ke semua orang dan berharap semua suka sama isinya. Sekarang ini aku masih dalam tahap “baru banget belajar nulis” dari dunia per-ngeblog-an ini. So I don’t feel I’m ready yet.

4.     Banyak tugas. Ga usah dijelasin lagi lah ya, namanya juga kuli DKV.

5.     I prefer reading than writing. Baca apa aja, buku, novel, majalah, blog, komik, garis tangan, sampe kode barcode juga aku baca.

6.     I’m a lazybones.

Tapi, pas denger royalty dari hasil penjualan buku ini seluruhnya bakal disumbangin ke anak-anak yang mengidap kangker,  ini semacem ngegerakin hati aku buat semangat nulis demi mereka yang memerlukan. So, I take it :”)

Dan jadilah..
 

Wednesday, June 19, 2013

[VIDEO COMPETITION] I Wanna Explore More!

Jadi beberapa minggu kemaren, dosen fotografi aku ngasih tugas hunting foto di Kebun Binatang Bandung. Terakhir kesana gara-gara tugas juga, mata kuliah menggambar, harga tiketnya masih Rp. 5.000an-.. Sekarang udah naik setara harga setengah kilo daging ayam  Rp. 15.000,- huft :(


Nih beberapa foto yang aku ambil di Bonbin. Beberapa aku agak kagok ngambilnya, soalnya aku pake lensa fix (gabisa zoom). Terus susahnya motret binatang ya itu, gabisa di direct posisinya. Kadang gerakan mereka cepet banget, sedangkan lensa aku manual (gabisa autofocus) jadi ngaturnya lamaaaaa (maklum amatir) agak susah juga dapet moment. Belom lagi sebagian besar binatang di sini dikurung dalem cagar, sedangkan aku gapunya lensa tele, jadi musti pinter-pinter ngatur bukaan diafragma kamera biar pagernya ilang (ngeblur sampe seblur-blurnya) hufft.

But however, tugas tetaplah tugas.. Dosen mana mau tau..

Jepretan pertama. Macem guyonan klasik jaman dulu, “Ngapain ke Bonbin? Ketemu sodara?” orang utanlah binatang pertama yang aku temuin  di Bonbin. Seakan-akan udah di set buat ngasih ucapan “Welcome, Brother” buat para pengunjung.

i'm sexy and i know it

Lanjut jalan, eh ketemu Bambi. Kancil yang satu ini bukan anak nakal kok. Tuh, difoto close up gini doi anteng aja. Nanti tante kasih ketimun deh ya biar kamu ga curi-curi lagi.

apa ai kamu

Terus ada kambing. Sayang dia pemalu. Aku cuma dikasih pantat :(

nih bujur

Wednesday, June 12, 2013

PARFUM!

Seneng ga sih, deket-deket ama yang wangi?
Pasti lah ya, bawaannya pengen nempel terus dan nyaman tiap deket-deket sama apapun yang aromanya cium-able. Wangi bunga, toko kue, aroma rumput dan tanah tiap abis ujan, buah-buahan seger, wangi buku baru dibuka, aroma duit baru keluar dari mesin ATM, wangi bensin, spiritus, aibon.. dll.

Jadi pengen deket mesin ATM terus..

Tapi kemaren, pas lagi nyegat angkot Cicaheum-Ciroyom, sebelum naik dari jauh udah kecium aroma anggur maskulin semriwing idung aku. Enak banget wangi cowok seger, bawaannya jadi pengen bobo siang (???) Pas naik angkot, aroma anggur itu makin kuat dan lama-lama nusuk banget ke idung. Ternyata seorang mas-mas klimis yang duduk di pojokan angkot ini lah si empunya aroma ini. Wangi yang enak tadi ternyata aku cium dari jarak 3 meter sebelom angkot berenti depan aku! Gila, makin dideketin makin bikin mual. Mana tempat duduk yang kosong sisa cuma di sebelah dia doang -_- Aku curiga jangan-jangan parfumnya dipake rendeman 3 hari sama si mas ini. Saking pusing nyium parfum si masnya sampe pengen pingsan dipelukan Siwon. Ga sampe 5 menit akhirnya aku mutusin ngungsi dari angkot itu dan pindah ke angkot lain. Polusi udaranya parah nih bisa bikin upil rontok!

 
Pernah ga sih ketemu orang kaya gitu? Atau pernah ga, kamu dijauhin temen gara-gara wangi parfum yang nyegak banget? Gimana sih trik pake parfum yang bener?

Saturday, June 01, 2013

Cimahi : Bibit Industri Kreatif yang Hijau dan Bersejarah

Udah nginjek tahun ke-21 sejak aku tinggal di Cimahi. Artinya udah selama itu aku lahir dan besar di kota kecil ini. Kenapa aku sebut kota kecil? Soalnya luasnya 48,42 km persegi, nyempil di sebelah barat kota Bandung, dan emang yang paling imut diantara kota-kota lain di Jawa Barat. Dulu, Cimahi tuh bagian dari kota Bandung, tapi sejak 21 Juni 2001, status Cimahi yang asalnya Kota administratif resmi menjadi Kota mandiri :D

Nama Cimahi sendiri asal katanya dari bahasa Sunda, “Ci” yang berarti “Air” dan “Mahi” yang artinya “Cukup”, dalam bahasa Indonesia diartikan jadi “Sumber Air yang Cukup”. Kalo main ke rumah aku, ga ada alesan buat ga mandi, soalnya airnya banyak, seger lagi :)) Oh iya, rumah aku ada di kelurahan Leuwigajah, Cimahi Selatan. Pas banget di kaki bukit Cibogo, jadi yang mau main ke rumah, siap-siap pasang gigi satu (--,)


Rumah sayah

Cimahi dikenal sebagai kota “Militer” atau kota “Tentara” karena menjadi Pusat Pendidikan Militer pada tahun 1886. Tapi sekarang-sekarang ini Cimahi lagi road to “Cyber City” lho, pemerintah sini lagi ngembangin industry kreatif layaknya Silicon Valley, Amerika. Sebagai pondasi, pemerintah ngebangun gedung BITC (Baros Information Technology and Creative Center) yang didalemnya ada komunitas CCA (Cimahi Creative Assosiation), aku termasuk di dalemnya lho :D (walaupun udah jarang aktif lagi karena sibuk ngitungin bintang di langit)


BITC

Nih, karya-karya anak CCA dalam bidang film & video, animasi, ICT, desain, seni &kerajinan, fashion, musik, dan fotografi. Dari semuanya aku paling suka animasi proyekan temen-temen, judulnya “Super Neli”, nih videonya:


Terus, kalo main ke Cimahi, spot-spot mana aja sih yang recommended buat didatengin? Nih, aku ajak jalan-jalan yah..