twitter youtube youtubetumblrsoundcloud tumblr soundcloud behance
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, May 26, 2013

Majalah Buat Lo?

Semester 3 kemaren, aku hampir ga ngeshare apa-apa tentang perkuliahan. Padahal ada beberapa karya yang pengen aku post disini tapi keburu lupa gara-gara langsung ketumpuk tugas lain dan lalu nyelip di belantara kamar yang porak poranda. Terus tadi pas beresin kamar ga sengaja nemu majalah tugas UAS mata kuliah Tipografi 1.


Ini tugas individu. Masing-masing orang bikin majalah yang topiknya sesuai dengan minat dan hobinya masing-masing sebanyak 10 halaman. Tadinya aku mau bahas tentang hobi aku olahraga berkuda lumping, balet sama naik motor di tong setan, tapi ah sudahlah.

Ini dia penampakan covernya:


Nama majalahnya MAJA. Jangan tanya filosofi nama kenapa kok milih kata MAJA. Soalnya tiba-tiba kepikiran, langsung tulis aja gitu. Yang penting bersahabat sama lidah dan aman dibaca bagi yang cadel. #mumuanakyangpengertian

Lanjut ke bagian isi, cekidot :D




Ini halaman selanjutnya, daftar isi. Beberapa gambar sengaja dibikin grayscale biar warnanya item putih. #okey


Masuk ke rubrik yang pertama, “PEDIA”. Ngebahas tentang sejarah asal mula seni kriya di dunia. Ga rame lah pokonya. Itu juga materinya kopas dari Wikipedia udah ga diedit-edit lagi.


Halaman selanjutnya, masih lanjutan rubrik “PEDIA”. Cuma disini lebih banyak contoh gambar seni kriya jaman dulu yang klasik banget kalo di perhatiin. Udah mulai rame disini mah daripada halaman sebelumnya.


Buka lagi, masuk ke rubric selanjutnya, “PATH FINDER”. Disini aku nulis tentang orang yang selama ini karya-karyanya jadi inspirasi aku, kak Abe si tangan ajaib! Lukisan manualnya, digital artnya, kriya-kriya dari clay, batu, tanah liat atau kertas yang doi bikin selalu bikin aku takjub :’) Selain itu suaranya juga bagus, pinter main gitar, dan suaminya bule! Paket komplit lah si Kak Abe inih.. Someday aku harus bisa kaya doi :D (kecuali punya suami bule itu gimana nanti)


Terus halaman selanjutnya.. Ada rubrik “DO IT YOURSELF”, isinya referensi-referensi kriya yang bisa kita bikin sendiri dari barang-barang bekas. Lampu bekas, kunci bekas, kancing bekas, sampe bekas pacar juga bisa!


Masih lanjutan rubrik yang “DO IT YOURSELF”, ini juga kumpulan referensi yang aku kumpulin dari mbah google. Kalo ntar banyak leisure time nyobain bikin satu-satu ah..


Halaman selanjutnya, rubrik “ENTREPRENEUR”. Ini kayanya halaman paling narsis yang pernah ada dalam sejarah permajalahan. Bikin percakapan wawancara tanya jawab sama diri sendiri, sok muji-muji karya sendiri. Paling dosen bacanya juga “Apacih malecin”. YWD C skip aja.


Terooossss… Ada rubrik “KREATIF”, yang isinya tutorial bikin lampu kedap kedip ditutup gelas cup plastic yang dibalut pake kertas kado. Lucu nih buat hiasan di balkon rumah :D sayang rumah aku ga ada balkonnya. Nanti lah bikin dulu.


Rubrik terakhir, “ABOUT”. Isinya persuasi buat mampir ke blog, kumpulan karya-karya yang pernah aku bikin, sama promo buku-buku yang aku ilustrasiin. Udah deh beres.

Dosen kasih nilai 80 buat majalah ini, dan aku dapet B di akhir semester. Padahal temen-temen yang lain beberapa dapet A, bĂȘte banget kan jadi aku :( Semester 3 kemaren IP aku jeblok gara-gara kebanyakan ngerjain kerjaan duniawi. Ibu juga rada kecewa, soalnya IP aku sempurna pas semester 2, tapi gabisa mertahanin :( Maafin aku ya bu :( *minum air kobokan kaki ibu*

Makanya aku janji sama diri sendiri, semester 4 ini IP aku harus naik lagi! Doakan aku ya kawan-kawan! *mengepalkan tangan ala peserta benteng takeshi*

Dadah!

53 comments:

  1. keren juga majalah buatan lo hahaha

    ReplyDelete
  2. kerrrr.... ker doang kak ya lanjutannya milih sendiri ilahkan :D

    ReplyDelete
  3. Kak mumu keren bangettt, tapi kok cuma dapet nilai 80 sih? Heran aku sama dosennya .___.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lain juga banyak yang bagus :D punyaku standar-standar aja :D

      Delete
  4. KEREN BANGET KAK !!! Itu semua kak mumu tulis tangan ?

    ReplyDelete
  5. sebagus itu cuma 80?!!! ya ampun jadi gamang masuk dkv, padahal pengen dkv itb :( pasti aku ga sanggup :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pasti bisa kalo rajin mahhh :D Ini kan nilai 80 karena yang lain juga bagus-bagus :D

      Delete
  6. majalah nya boleh di beli gak, kak mumu ? .___.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tapi harganya Rp 1.384.484.348,542- yaaa :D

      Delete
  7. majalahnya keren bangettt tau kak *demo ke dosen kak mumu*
    request e-MAJA dong kak, format .pdf hihihi

    ReplyDelete
  8. kakak kuliah jurusan apasih? kok dpt tugas kaya gitu. asik banget kak, majalahnya keren deh MAJA

    ReplyDelete
  9. Kak,keren banget majalahnya kenapa dikasih 80 -_- pinjem majalahnyaaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lain juga bagus-bagus :)))) ahahah sini ke rumah :p

      Delete
  10. wah udah komersil buat dipasarin majalahnya :D

    ReplyDelete
  11. gigittttttt, keren bangett desain visualnya huhuhuuuwww ka mumu

    ReplyDelete
  12. Kereeennn, aku mau satu dong, Mut :D

    ReplyDelete
  13. bagus lho mu, majalahnya :p mungkin gara-gara terlalu narsis itu kali nilainya jadi 80 :p

    ReplyDelete
  14. kok ada kotak bolong, itu buat apa kak mu?

    ReplyDelete
  15. bagus lho, layoutnya keren :)
    nilai mah ngga penting (eh itu sih bagi mahasiswa kayak saya) :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih :D
      Ah andai IP ga diliat dari nilai :(

      Delete
  16. wawawawawaa~~~ baru sadar, udah lama juga aku nggak komen di blognya mbak mumuw, padahal mah kepo selalu jalan :3

    important thing to say, aku selalu tertarik banget setiap mbak mumu ngepost yang berhubungan sama tugas kuliah kayak gini atau tentang desain desain grafis. i'm inspired a lot and also learn a lot <3

    aku juga pernah dapet tugas semacam ini di mata kuliah teknik komunikasi arsitektur, yaa semacam dkv-nya arsitektur gitu lah. tugasnya pernah ngelayout website sama majalah gitu, meskipun cuma 1 halaman sih :)) dan aku akui, layoutannya mbak mumu jauh lebih kece. mungkin karena udah berkecimpung di desain bertahun tahun ya :')

    pertama kali aku liat foto fotonya di post ini, aku syok, gimana bisa kayak gitu dapet B? hiks... aku ikut sedih. aku ngga tau mau komen apa soalnya aku juga belum expert :( tapi mungkin aku punya satu hal untuk menghibur. di dunia desain emang segala sesuatunya cenderung abstrak sih, terkadang harus sesuai selera dosen juga. misal, dosen suka yang minimalis, sebagus apapun desain kita kalau nggak sesuai juga ngga bisa maksimal. tapi, entahlah :')

    soal teknik, semuanya udah kreatif banget dan nggak monoton kok. mungkin di rubrik About halaman kanannya agak terkesan lebih penuh aja kali ya, kurang imbang sama halaman kirinya. kalo beberapa gambar dijadiin item putih atau warnanya ada yang diganti mungkin bisa lebih balance. menurutku sih. ah, tapi gimanapun mbak mumu tetep jadi inspirasi aku kok. keep the works up! :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaa keren nih komennya :D Iya selera dosennya tinggi aku juga ga ngerti yang bagus menurut dia kaya gimana (udah agak tua soalnya) >_<
      Kurang balance yah? Iya nih emang rada berat sebelah kalo diliat-liat lagi.. Tapi untunglah semuanya udah beres dan dosen Tipografi aku semester ini akhirnya ganti, dosen yang sekarang lebih asik dan seleranya anak muda banget. Wish me luck buat semester sekarang yaa, thanks masukannya :D

      Delete
    2. wakakak aku semacam nulis blog di blog orang lain ngga sih (".__.)/||

      i do feel you, mbak mu. aku punya dosen semacam itu juga...
      alhamdulillaaah. yay, sip! good luck buat semester ini mbak ;)

      Delete
  17. waaaah kamumu, kereeeen.. bener" menginspirasikan :D sering" ngepost ya kamumu :D

    ReplyDelete
  18. Kak mu, desain majalah kek gini pake aplikasi apa sih?

    ReplyDelete
  19. kalo w dosennya udah w kasih A buat u.
    ahhwesome lah itu!

    ReplyDelete
  20. kak coba majalahnya diterbitkan kak
    aku baru liat ada majalah yg ada pegangannya ky tas gt hehehe

    ReplyDelete
  21. Kak mu!!! >.< Sumpah cocok dan pas banget jadi Role model para artworker, kreatif banget :D

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. keren banget maja nya.. harusnya dapet 95 tuh.. tapi karena promosiin diri sendiri jadi dikurangin 10.. hehehe..

    piis.. gw kan ga protes, jadi gratis yah..

    ReplyDelete
  24. bagi kamu yang suka nulis artikel, yuk ikutan Refiza Blog Competition. meriahkan dan menangkan jutaan rupiah bagi para pemenang. tema kompetisi ini adalah tentang souvenir islami. yuk daftarkan diri kamu. syarat dan ketentuan klik www.refiza.com/blogcompetition2015/

    ReplyDelete

komen boleh, protes bayar.